Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask (Review)


Apakah kamu tipe orang yang senang pakai masker wajah? Sejujurnya, kadang saya malas pakai masker, tapi sebenarnya memasukkan masker wajah ke skincare routine itu akan punya pengaruh signifikan, lho, buat kulit kita. Makanya, semalas-malasnya, saya masih menyempatkan diri untuk pakai masker wajah, baik itu yang jenis wash-off maupun sheet mask. Anggap saja sebagai salah satu bentuk self care ke diri kita, betul nggak?

Kali ini saya akan membahas dua masker yang baru-baru ini saya coba, yaitu Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Mask. Sudah sejak lama, sih, pengen coba dua masker ini, apalagi sebelumnya saya selalu merasa cocok dengan produk skincare dari Scarlett. Apalagi produk Scarlett ini aman, karena teruji bebas merkuri dan hydroquinone, serta sudah tercatat di BPOM.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Oke, pertama saya kupas tuntas dulu Herbalism Mugwort Mask dari Scarlett ini. Ekstrak Mugwort dikenal memiliki efek menenangkan kulit kemerahan dan anti-inflamasi. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dipercaya bisa mengikat kelembapan alami kulit sekaligus menjaga skin barrier. Saya sudah cukup familiar dengan bahan Mugwort ini, jadi sudah yakin kalau bakal suka dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Apalagi kalau lihat di dalamnya, lebih lengkap lagi, nih, kandungannya karena ada vitamin C, Glutathione, Niacinamide, dan Bamboo Charcoal.

Kemasan Herbalism Mugwort Mask ini berupa jar dengan berat 100 gram, memiliki tutup yang kencang supaya kedap udara, dan dilengkapi spatula agar pemakaian masker tetap higienis.

Masker ini dapat digunakan untuk mereka yang memiliki kulit normal, berminyak, rentan berjerawat, sensitif, kering, dan kombinasi. Masker ini juga aman digunakan untuk ibu hamil (sudah melewati trimester kedua) dan ibu menyusui, tapi tetap konsultasikan dulu ke dokter spesialis, ya.

Key ingredients:

  • Mugwort Extract: kaya akan vitamin E, dapat membantu menghidrasi dan menenangkan kulit. Mugwort juga berfungsi sebagai anti-inflamasi sehingga bisa membantu meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat.
  • ‌Vitamin C: Kandungan vitamin C membantu menyamarkan hiperpigmentasi, kemerahan pada kulit, sekaligus mencerahkannya.
  • ‌Glutathione: membantu kulit lebih cerah dan lembap.
  • ‌Niacinamide: membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, memudarkan bekas jerawat, serta mengatur produksi minyak pada wajah.
  • ‌Bamboo Charcoal: membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural exfoliator, mampu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit serta membersihkan pori-pori.
  • ‌Chlorophyllin: berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • ‌Green Tea Powder: membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan sifat antioksidan pada Green Tea dapat membantu melawan radikal bebas. Cocok digunakan untuk kulit wajah yang berminyak dan berjerawat, karena membantu untuk mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat.
  • ‌Allantoin: membantu menghidrasi kulit,  mempercepat penyembuhan luka, dan menghaluskan kulit.
  • ‌Enkapsulasi Salicylate: Salicylic Acid yang di-enkapsulasi dapat lebih mudah masuk ke dalam pori-pori wajah untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan membantu merawat kulit yang berjerawat.
  • ‌Galactosyl Salicylate: sebagai antiseborrheic yang sifatnya melembapkan sehingga wajah tidak terasa kering saat menggunakan Herbalism Mugwort Mask.

My Thoughts:

Mulai dari teksturnya, ya. Saya suka banget, sih, teksturnya yang creamy dan lembut ini. Ada aroma green tea yang mirip es krim green tea favorit saya. Aromanya samar-samar, tapi cukup membuat saya merasa rileks saat memakainya.

Saya pakai masker ini selama 15 menit dan memang nggak sampai kering seperti clay mask, ya. Jadi teksturnya masih agak sedikit basah, tapi kayaknya mugwort mask memang seperti itu. Rasanya nyaman banget di kulit, tidak ada iritasi, bahkan nggak bikin kulit terasa kering (padahal jenis kulit saya termasuk kulit kering yang gampang berjerawat).

Ada buliran lembut di masker ini (sepertinya bamboo charcoal), jadi begitu dibasuh air, akan terasa mengeksfoliasi kulit tanpa rasa sakit sedikit pun. Hasilnya kulit terasa lebih lembut, segar, dan bersih banget setelah pakai masker ini. Penggunaannya nggak perlu setiap hari. Untuk pemilik kulit kering bisa menggunakannya 1-2 kali dalam seminggu, sedangkan buat yang kulit berminyak bisa pakai 3 kali dalam seminggu.

Selama memakai masker ini, saya nggak pernah merasakan iritasi atau kulit kemerahan. Kulit saya juga bukan yang cenderung sensitif, tapi kondisinya suka berubah-ubah tergantung hormon. Bisa tiba-tiba kering, bisa juga jerawatan. Jadi pemakaian masker saya sesuaikan dengan kebutuhan kulit saya saat itu.

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Sekarang kita beralih ke Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Sesuai dengan namanya, masker ini berbentuk gel yang tujuannya untuk menenangkan sekaligus menghidrasi kulit. Dengan berbagai kandungan di dalamnya yang lengkap banget, masker ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kulit kering, kusam, kulit yang dehidrasi, atau kulit yang iritasi. Namun nggak hanya itu, karena kulit yang acne prone alias yang rentan jerawat juga akan merasakan keuntungan dari masker ini, terutama saat jerawat lagi meradang atau ketika sedang banyak bekas jerawat.

Selain kandungan Seven Berry Extract, ada juga kandungan Centella Asiatica yang bisa menenangkan kulit iritasi. Ada ekstrak ginseng yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan meningkatkan produksi kolagen, serta Allantoin yang membantu hidrasi kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka.

Sama seperti kemasan Herbalism Mugwort Mask, kemasan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask ini juga dalam kemasan jar yang dilengkapi dengan spatula. Jika Herbalism Mask memiliki kemasan bernuansa hijau, maka Soothing Mask ini pakai nuansa fuchsia sebagai pembeda. Masker ini dapat digunakan untuk mereka yang memiliki kulit normal, berminyak, rentan berjerawat, sensitif, kering, dan kombinasi, juga aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Key Ingredients:

  • Seven Berry Extract:
    1. Blackberry: membantu menghidrasi kulit.
    2. Blackcurrant: membantu meredakan peradangan
    3. Blueberry: kaya akan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas.
    4. Raspberry: membantu meningkatkan produksi kolagen.
    5. Cranberry: membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak bersinar.
    6. Acai Berry: membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.
    7. Strawberry: membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit.
  • Ginseng Extract: membantu meningkatkan produksi kolagen dan menyeimbangkan kadar minyak pada kulit serta anti inflamasi.
  • Allantoin: membantu menghidrasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka, serta menghaluskan kulit.
  • Centella Asiatica Extract: membantu menenangkan kulit serta mengatasi kulit kering, kemerahan, dan iritasi.
  • Grape Water: membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi.
  • Rose Water: membantu menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit serta menyamarkan pori-pori.
  • Watermelon Extract: mengandung vitamin A, C dan Lycopene yang mampu menyangkal radikal bebas. Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat berperan menjadi pelembap alami kulit.
  • Sea Cucumber: mengandung peptide dan linoleic acid untuk menjaga sekaligus memperbaiki kulit yang rusak.
  • Rosa Gallica: sumber vitamin C yang membuat kulit tampak bercahaya.

My Thoughts:

Ini merupakan pertama kalinya saya mencoba hydrating mask yang teksturnya gel seperti ini. Teksturnya gel lembut dan gampang banget disapukan ke wajah. Warnanya oranye gelap dengan aroma buah-buahan yang agak samar, menurut saya. Lalu ada potongan rose petals di dalamnya (mengingatkan saya akan produk facial wash dari Scarlett).

Masker ini juga bukan tipe masker yang akan kering atau mengeras di wajah, ya, jadi begitu sudah 15-20 menit di wajah, akan saya basuh dengan air. Saat diaplikasikan ke wajah, seperti namanya, ada efek soothing alias menenangkan. Ada juga sensasi sejuk saat pakai masker ini. Makanya saya rasa masker ini cocok banget buat mereka yang kulitnya terasa kering, iritasi, atau misalnya lagi banyak jerawat yang sedang meradang. Masker ini nggak akan bikin kulit terasa kering. Bahkan setelah dibilas dengan air, rasa lembapnya masih terasa.

Coba saja pemakaian rutin selama 2-3 kali seminggu, kondisi kulit akan terasa banget bedanya. Kulit wajah terasa lebih kenyal, lembap, dan dry patches yang kadang suka muncul di wajah saya tiba-tiba menghilang. Dengan penggunaan masker, saya merasa pemakaian skincare setelahnya, yaitu serum dan moisturizer, akan makin mudah menyerap ke kulit yang bersih dan lembap.

Cara pemakaian:

Untuk kedua masker ini, pemakaiannya sama, sih, menurut aku. Setelah mencuci bersih wajah, sapukan masker secara rata ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air bersih, lalu lanjutkan penggunaan skincare lainnya. Penggunaan masker juga bisa disesuai dengan kondisi kulit. Jadi misalnya, di bagian T-zone yang berminyak, kamu bisa menggunakan Herbalism Mugwort Mask dan di bagian pipi yang cenderung kering, bisa menggunakan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask.

Harga: Rp75.000

Untuk pembeliannya, bisa klik di Official Store Scarlett_whitening. Kamu juga bisa mengecek keaslian produk Scarlett yang dibeli dengan membuka link ini lalu isi data yang diminta dan masukkan barcode yang terdapat di produk untuk cek kode seri.

Leave a comment