My 2017

Hope it’s not too late to talk about this.. 😄

Biasanya saat tahun baru, saya selalu menulis tentang apa saja yang terjadi sepanjang tahun sebelumnya. Well, saya merasa tahun 2017 seperti berlalu dalam sekejap mata saja.

Highlight sepanjang tahun kemarin adalah, saya diberi kesempatan untuk pergi berjalan-jalan ke beberapa negara Eropa. Ada beberapa tempat yang pernah saya kunjungi, ada juga yang belum. Bahkan ada satu kota yang sampai empat kali saya kunjungi dalam satu tahun, yaitu Praha. Bukan untuk jalan-jalan saja, sih, tapi ada juga yang untuk menemani suami dinas.

Kebanyakan negara yang saya kunjungi itu masih bisa ditempuh dengan mobil, cuma dua kota yang saya kunjungi dengan menggunakan pesawat, yaitu Madrid (di awal tahun) dan Barcelona (saat liburan Natal–yang ini ceritanya menyusul).

Dulu waktu kecil, ketika ibu saya bertanya, keinginan saya apa kalau sudah besar nanti? Salah satu jawaban yang saya ingat adalah, keliling dunia. Saya, sih, juga sadar nggak akan semua negara di dunia ini saya datangi, namun saya ingin bisa setidaknya ke banyak negara, berjalan-jalan di kotanya, mengenal budayanya, dan mencicipi makanannya.

Alhamdulillah, bahkan sebelum saya menikah, saya diberikan kesempatan untuk pergi berjalan-jalan ke luar negeri. Seringnya, sih, karena kebetulan ada keluarga saya yang tinggal di situ. Tante saya di Perth, Australia dan kakak saya di New Jersey, USA. Ada juga tante saya di Frankfurt, Jerman, tapi baru sempat saya kunjungi setelah saya pindah ke Wina.

Setelah menikah dan akhirnya pindah ke Wina, makin terbuka, deh, kesempatan untuk berjalan-jalan, at least di sekeliling Eropa. Saya pun menemukan kota-kota yang menarik, seperti Graz, Hallstatt, dan Salzburg di Austria, atau kota Ljubljana di Slovenia. Saya pun jatuh cinta dengan Budapest, Hongaria, dan saya juga suka banget Barcelona, Spanyol.

Semoga tahun ini saya juga masih diberi kesempatan untuk explore wilayah Eropa, apalagi saya hanya akan tinggal di Wina selama 1,5 tahun lagi!!! Dan habis itu harus balik ke Jakarta.. (hiks)

Bukan maksud hati terkesan tidak cinta Tanah Air yaaa, tapi melihat berita-berita nasional akhir-akhir ini, saya merasa makin sedih aja. Melihat koruptor yang sibuk main drama, melihat Tanah Abang kembali amburadul, duhh kok jadi jauh pembahasannya.

Oke, kembali ke tahun 2017 saya. Pada tahun ini, saya juga merasakan stres yang lain. Ih, kan ga kerja? Masa stres sih?

Well, being a stay at home mom is a 24/7 job, ya knoooowww…. bahkan ketika saya sedang sakit, pun, saya harus menyeret-nyeret diri untuk bikin masakan buat suami dan anak, cuci piring, bersih-bersih, dan lain-lain.

Selain itu, saya juga masih menyempatkan diri untuk menulis. Tak hanya di blog, saya juga menjadi kontributor di tempat kerja saya dulu. Pengalaman jalan-jalan saya ke beberapa negara berbuah sebuah artikel traveling. Honornya nggak seberapa, tapi setidaknya saya tidak kehilangan kemampuan menulis saya (walaupun sekarang sering banget mengalami writer’s block). Pokoknya seperti yang pernah saya bilang di sini, I’m a journalist at heart.

Kembali soal stres, kenapa saya stres? Karena kadang saya, orang yang biasanya berinteraksi dengan teman-teman kantor, terbiasa bekerja, terbiasa hang out dengan mudahnya dengan teman, sekarang lebih banyak di rumah. Kalau mau keluar rumah, ya paling berdua saja sama Alanna. Kalau mood dia lagi bagus, sih enak-enak aja, tapi kalau nggak dan tiba-tiba dia nangis menjerit-jerit di atas stroller, saya juga jadi malas lagi untuk pergi. Ada masanya juga ketika dia nggak mau sama sekali duduk di stroller dan harus digendong ke mana-mana. Waktu itu saat summer dan suhu di sini mencapai 37°C. Saya juga ke mana-mana terbiasa naik kendaraan umum, jadi terbayang, kan, repotnya. Untung saja kendaraan umum di sini enak banget, armadanya banyak, on time, nyaman, stroller friendly–four thumbs up!!

Teman saya pun nggak banyak di sini, apalagi teman yang benar-benar asyik dan bisa saja ajak cerita macam-macam, menurut saya nggak ada. Saya pun lebih banyak menghabiskan waktu bersama Alanna, which is a good thing, tapi saya juga mengharapkan bisa lebih banyak berkegiatan (bukan kegiatan di Embassy tapinya yaaaa Oh God please no!) kegiatan yang saya sukai pastinya.

Terus yaaa… mengurus toddler sendirian itu, yah, ternyata susaaaaaahhh bok! Saya nggak ngerti bagaimana cara kakak saya mengurus tiga anak sendiri, saya saja suka kewalahan rasanya. Apalagi Alanna tergolong anak yang susah makan (iyaa masih aja, deh, susah makannya, very very picky, dan setiap dikasih apa selalu curigaan nggak mau coba), jadi, ya, cobaan saya ada di seputaran itu, deh.

Capek-capek bikin makanan, yang makan saya lagi, saya lagi (now I know why I’m getting fat). Bayangkan saja, masa dalam dua minggu saya bisa naik 2 kg, sementara Alanna dalam satu bulan cuma naik 100 gram!

Terus, mengurus toddler itu tingkat kesabaran kita akan diuji banget. Kalau lagi main-main, ketawa-ketawa, sih, asyik, begitu cranky-nya muncul, sudah, deh, saya sendiri merasa hampir gila (haha.. maaf lebay, tapi ibu-ibu yang punya toddler mungkin mengerti).

Jadi di 2018 ini saya berharap bisa lebih banyak jalan-jalan, mengabadikan tempat-tempat yang saya kunjungi lewat foto dan vlog, menikmati kota Wina lebih dalam lagi (tahun ini musim gugur terakhir saya di Wina–hiks), dan tentunya menjadi ibu yang lebih sabar menghadapi anaknya. Namanya juga anak umur 2 tahun, yang katanya emosinya masih labil (jangankan dia, abege aja yang usianya belasan juga masih labil, hehe). Bagaimanapun, saya bersyukur, karena Alanna juga tergolong anak yang nggak gampang sakit. Pernah, sih, sakit, tapi proses penyembuhannya nggak lama. Karena tidak ada yang bisa membuat seorang ibu pusing tujuh keliling selain dari anaknya yang sakit. Jadi untuk itu saya berterima kasih pada keajaiban ASI, yang katanya berguna untuk antibodinya. Alanna juga bukan tipe anak rese saat ketemu anak orang lain yang seumuran dengannya, bukan juga tipe pemalu yang ngumpet sama mamanya, dan anaknya sangat aktif sekaligus ceria (kata mama saya, sifat ini beda banget sama saya waktu kecil. Katanya, saya kecilnya ini cengeng, penakut, pemalu, dan lemot banget, hahaha, kasihan ya).

Oke, segitu dulu cerita soal tahun 2017-nya. Semoga tahun ini lebih baik dari kemarin, semoga saya bisa terus belajar, dan semoga saya bisa memperbaiki diri.

Kalau pengalaman kamu di 2017 seperti apa? Share di kolom comment yaaa.. kalau mau, kalau nggak mau juga nggak apa-apa, kok 😄

Advertisements

#RIPChesterBennington

Kemarin malam saat sedang browsing di Facebook, tiba-tiba saya menemukan artikel tentang meninggalnya Chester Bennington, vokalis band Linkin Park. Awalnya saya tidak percaya, saya takut ini hanya berita bohong alias hoax. Jadi saya coba cari semua sumber berita yang bisa dipercaya, tapi rasanya saya masih tetap nggak mau percaya. Apalagi ketika tahu penyebab kematiannya adalah bunuh diri. Rasanya makin sedih membaca beritanya.

Kenapa saya menulis tentang hal ini. Satu, karena saya penggemar Linkin Park. I grew up listening to their music. Saya berkenalan dengan Linkin Park sejak album Hybrid Theory dan lagu Crawling merupakan lagu pertama yang membuat saya jatuh cinta dengan band ini. Merupakan punya musik yang berbeda, khas, dan tentu saja suara Chester yang tak tergantikan. Bahkan setelah beberapa album dan musik mereka sedikit bergeser, tidak sehingar-bingar di album pertama, saya tetap suka musik mereka. Setiap lirik dan setiap not musik yang mereka buat selalu membuat saya terhanyut menikmati setiap lagunya. Saya sebenarnya lebih ngefans sama Mike Shinoda, karena menurut saya dia sangat kreatif dalam menciptakan musik dan artwork untuk album Linkin Park. Namun, karakter suara Chester-lah yang menjadikan Linkin Park berbeda dari band alt-rock lainnya. Chester juga yang banyak menuangkan pikirannya ke dalam lirik lagu yang kadang cenderung ‘gelap’.

Saya pun merasa beruntung bisa memiliki kesempatan untuk menonton konser mereka dua kali di Jakarta, pada tahun 2004 dan 2011 (saya juga cerita soal konser mereka di blog ini). Saya sempat berpikir akan menonton mereka untuk ketiga kalinya jika memang mereka mampir ke kota Wina, apalagi mereka baru saja merilis album baru dan tengah menggelar tur. Tapi tampaknya keinginan itu tidak akan kesampaian.

Alasan kedua, karena berita soal meninggalnya Chester, seperti menambah panjang daftar selebriti yang meninggal dengan cara bunuh diri, mulai dari Robin Williams hingga Chris Cornell (vokalis band Soundgarden dan Audioslave), yang bunuh diri beberapa bulan lalu dan kebetulan merupakan sahabat Chester. Bahkan Chester memutuskan untuk bunuh diri tepat di hari ulang tahun Chris, yaitu 20 Juli.

I don’t know about depression.. but I know that it’s real. Sangat menyedihkan melihat orang yang tampaknya bahagia, sukses, bisa memiliki segalanya di dunia ini tapi justru mencabut nyawanya sendiri. Hal itulah yang terjadi pada diri selebriti itu. Kita tidak mengenal mereka, kita hanya mengenal karakter yang mereka tampilkan di publik. Kita tidak tahu apa yang mereka rasakan atau apa yang mereka pikirkan. Jangankan kita, yang hanya penggemar, bahkan orang-orang terdekat mereka pun seperti tak mampu mencegah hal itu.

Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini, semoga saya bisa membantu orang-orang sekitar saya yang memang memiliki masalah depresi dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Rest in peace, Chester… I’ve always been a fan, always will. Now, I’m going to listen to all my Linkin Park album just to remember how I fall in love with this band in the first place.

Image from Linkin Park’s official Facebook.

Can We Just Agree to Disagree?

Pernahkah kamu menulis sesuatu atau membagi link artikel tertentu di media sosial, yang justru memunculkan perdebatan? Tiba-tiba ada yang mengkritik kamu, menyebut kalau pendapat kamu salah, dan tanpa disadari kamu justru bertengkar di media sosial.

Saya, sih, sepertinya tidak pernah mengalami hal tersebut, tapi baru-baru ini kakak saya bercerita tentang kekesalannya setelah membagi suatu artikel di Facebook.

Gara-gara artikel itu dia malah debat panjang lebar dengan seseorang yang sebenarnya nggak dia kenal dekat. Saya bilang, “Memangnya teteh kenal?”. Dia bilang, tidak. Ya sudah, kata saya, unfriend saja, kelar deh urusan. Tapi dia masih saja ngedumel-dumel, kesal, karena menurutnya ucapan si orang itu dianggap merendahkan dan bikin malu, terutama terhadap teman dan keluarga lainnya di Facebook.

Saya juga sempat melihat beberapa teman saya yang terlalu ‘vokal’ menyuarakan pendapatnya di media sosial, yang terkesan dia “paling benar, orang lain salah”. Kalau sudah begitu, sih, biasanya saya unfriend atau mute saja segala macam posting-an dari dia daripada merusak mata dan mood saya.

Di zaman dengan berbagai media sosial kayak sekarang, memang banyak lho orang yang bisa-bisa tidak berteman lagi hanya karena status atau menyuarakan suatu pendapat. Orang yang berjauhan, nggak pernah ketemu, atau sebenarnya cuma teman sekilas, bisa jadi berantem gara-gara hal itu.

Makanya, saya berusaha banget untuk selalu menyortir segala macam tulisan di media sosial. Di Facebook, biasanya saya nulis status yang “aman” saja, berusaha bersikap netral, nggak ikut-ikutan politik, dan nggak pernah komentar di status orang lain yang pendapatnya nggak sesuai dengan saya.

Menurut saya, sih, kalau memang nggak setuju, nggak usah deh berkomentar daripada nanti malah bertengkar. Nggak enak banget, kan, berantem di media sosial. Sama saja kayak berantem di depan umum, yang nontonin teman dia dan teman kita juga yang ada di media sosial itu.

Suatu kali, saya membagi tulisan tentang pola pengasuhan anak. Naahhh, rupanya selain politik, agama, dan segala macam keyakinan, pendapat tentang pengasuhan anak ini rada sensitif ya, karena bisa membuat perdebatan pula. Apalagi banyak orang-orang yang nyinyir dengan bilang, “Kok gini, kok gitu?”, “Zaman dulu nggak kayak gitu,” dan lainnya. Teman saya ini, sih, untungnya nggak berdebat di media sosial, tapi berkomentar langsung ke sana, lewat jaringan pribadi.

Saya bilang, yang namanya pengasuhan anak mah tergantung orangtuanya masing-masing. Saya nggak bisa bilang pola pengasuhan A lebih baik dari B, karena saya saja baru merasakan jadi orangtua dalam hitungan bulan. Namun tentunya, saya juga punya rencana tersendiri bagaimana saya mengasuh anak nantinya. Apa itu yang terbaik? Ya, mudah-mudahan. Kalau misalnya, pun, orang lain punya cara mengasuh yang berbeda, ya biarkan saja. Jangan pernah menghakimi orang lain, karena kan kita juga tidak tahu apa yang mereka rasakan dan jalani.

Makanya, kalau ada yang mau komentar atau berdebat panjang, saya cuma bisa bilang, we can agree to disagree, kan… *peace*

Image source: here

The Joy of Breastfeeding

The Joy of Breastfeeding… Saya kerap melihat kalimat itu di berbagai produk yang memang diperuntukkan bagi para ibu. Saya juga sering mendengar para ibu yang bercerita, indahnya menyusui anaknya, tapi pada saat itu saya tak bisa membayangkan rasanya seperti apa.

Di awal-awal menyusui saja saya sempat berpikir, “Di mana letak joy-nya, sih? Orang sakit begini.” Namun setelah melewati beberapa minggu dan akhirnya melewati dua bulan, baru deh saya merasakannya. Di awal menyusui, saya sempat merasa ketakutan saat akan menyusui, karena selalu merasa sakit. Tapi, ya, saya paksakan juga (meski lecet) karena begitu melihat bagaimana Alanna menyusu, saya jadi trenyuh.

Kasihan ya bayi ini, begitu tergantung pada saya. Kalau saya menolak, dia hanya bisa menangis. Huhu, saya jadi kebayang anak-anak bayi yang dibuang begitu saja oleh orangtuanya, kok tega ya..

Di minggu-minggu pertama, bayi juga lebih sering menangis. Mungkin karena memang cuma itu yang bisa dia lakukan. Saya pada awalnya malah merasa tidak bisa menenangkan Alanna. Habisnya, setiap saya gendong dia pasti nangis terus. Beda saat dia gendong oleh ibu saya atau Yudo. Sampai pernah satu saat Alanna menangis saat saya gendong, saya bisikkan saja ke telinga dia, “Hei, ini mama kamu, yang perutnya kamu tempatin selama 9 bulan, bukan nini, bukan eyang, bukan bapak.” Entah dia mengerti atau nggak, tapi akhirnya nggak nangis lagi, sih, hehe..

Setelah lewat dari sebulan, ketika berat badan Alanna sudah melebihi berat badan dia saat lahir, baru deh saya bisa agak sedikit santai (sedikit saja). Setidaknya, saya nggak harus bangun tengah malam lagi, karena Alanna sudah mulai panjang tidurnya saat malam. Akhirnya mulai terprogram, deh, jam tidur dia. Mulai ngantuk setiap jam 8 atau setengah 9 malam, sekali nyusu, terus langsung tidur.

Saya juga mengajarkan dia kalau malam itu waktunya tidur. Makanya saat menyusu terakhir di malam hari, saya matikan saja lampu di kamar dan pasang lampu tidur, supaya dia tahu itu saat tidurnya dia. Kemudian saat mulai terang, sekitar pukul 6 pagi, adalah saatnya dia bangun. Memang, sih, kadang dia suka kebangun pas malam (mungkin mimpi atau apa), tapi nggak lama langsung tidur lagi.

Soal menyusu, sekarang pun saya lebih percaya diri, bahkan jika harus menyusui di depan umum (ya pakai nursing cover tentunya). Malah kadang-kadang, saya yang merasa lebih tergantung untuk menyusui Alanna secara langsung. Walaupun sudah dipompa, saya merasa lebih enak jika menyusui langsung.

Sebelum kembali kerja, saya juga mulai mengajarkan Alanna untuk minum pakai botol susu. Ada yang bilang, nanti “bingung puting” lho.. tapi Alhamdulillah, itu tidak terjadi pada Alanna. Kalau kata sepupu saya yang bayinya hanya dua bulan lebih tua dari Alanna, “Yang penting kita pede, kalau anak kita nggak akan bingung puting. Pasti bisa, kok.”

Beberapa waktu yang lalu, saya juga sempat bertemu dengan salah seorang teman yang anaknya berusia 1,5 tahun. Dia bercerita, setelah satu tahun, anaknya mulai dikasih susu lain selain ASI. Eh tiba-tiba saja dia jadi nggak mau nyusu lagi. Memang, sih, jadinya nggak sulit menyapih, tapi dia mengaku jadi sedih. “Kok dia nggak mau nyusu lagi ya, malah aku yang sedih,” begitu katanya.

Saya jadi kebayang, jangan-jangan nanti pas mau disapih malah saya yang kesulitan (alias nggak rela) bukan Alanna.

Sekarang Alanna sudah masuk usia lima bulan dan sebentar lagi dia akan mulai makan. Tanda-tandanya sudah mulai kelihatan. Dia sudah mulai melototin saya kalau saya lagi makan dan kadang mulutnya kayak ngunyah-ngunyah (padahal cuma lidahnya yang dikunyah).

Beneran, deh, sekarang saya baru ngerasain betapa menyenangkannya menjadi seorang ibu, betapa bahagianya, betapa indahnya. Mama saya suka komentar, “Ih, anak manja sekarang punya anak.” Saya hanya ketawa sambil mikir, “Iya, sekarang malah ada anak kecil yang manja sama saya.”

Semoga sehat selalu ya, Alanna… Jadi anak yang baik dan sayang orangtuanya.

alanna-me-2

About Motherhood

Being a mother is learning about strengths you didn’t know you had and dealing with fears you didn’t know existed

Saya tidak pernah membayangkan menjadi seorang ibu. Saya bahkan tidak merasa bahwa diri saya memiliki sikap keibuan. Saya bahkan tak pernah suka anak kecil, karena bagi saya mereka berisik (hehe.. please don’t judge me). Saya akhirnya bisa akrab dengan anak kecil, karena saya punya banyak keponakan (lima tepatnya). Walaupun begitu, saya tidak pernah menggendong mereka sejak bayi, jadi pengalaman saya dengan anak kecil sangat minim.

Namun tentu saja semua itu berubah ketika saya akhirnya menikah dan hamil. Mungkin itu yang dinamakan naluri perempuan, karena sejak di dalam kandungan saja saya sudah jatuh cinta dengan si jabang bayi. Sebelumnya saya tidak pernah mengerti, kenapa para ibu-ibu itu selalu membicarakan anaknya, posting foto di media sosial, dan sebagainya. Sekarang saya mengerti, bagaimana seorang anak bisa menjadi ‘dunia’ bagi si ibu. Saya mengerti rasa cinta yang dirasakan seorang ibu pada anaknya.

Salah satu yang menyebabkan saya tidak menyukai anak kecil, karena ibu saya juga tidak menyukai anak kecil (ini mungkin ya, berdasarkan analisa pribadi) atau anak-anak pada umumnya. Ibu saya, mungkin, merasa kecewa dengan anak-anaknya (mungkin juga termasuk dengan saya) sehingga pemikiran yang selalu dia tanamkan adalah, “anak-anak diurus baik-baik sejak kecil, sudah gede malah bikin susah, cuma bikin kecewa orangtua, dan lain sebagainya”.

Gara-gara itu pula, saya sering merasa, “tidak puaskah dia memiliki saya sebagai seorang anak?”. Saya tidak mengatakan dia tidak sayang pada saya, justru sebaliknya, saya adalah anak yang sangat dimanja. Semua kebutuhan dipenuhi. Namun pada akhirnya, itu semua malah jadi bumerang. Karena sering dibantu sana-sini, saya jadi susah mandiri. Bahkan setelah berkeluarga dan memiliki anak, saya masih tetap bergantung pada ibu saya.

Itulah mengapa, saya ingin bisa mengajarkan hal berbeda pada anak saya. Bukan juga saya menyebut orangtua saya salah didik, buktinya saya baik-baik saja. Sekolah, kerja, dan berkeluarga, semuanya baik. Saya bukan pelaku kriminal, bukan juga pecandu narkoba. Hanya saja, ada beberapa pemahaman orangtua yang kadang tidak sejalan dengan saya, dan bagi saya itu wajar ketika anak menjadi dewasa dia punya pemikiran sendiri.

Saya percaya, kepribadian seseorang itu tidak selalu nature atau datang dari sananya, tapi juga nurture atau didikan dari keluarga. Bisa dibilang keluarga saya cukup dekat, harmonis, dan meski ayah saya sudah meninggal hampir 15 tahun lalu, saya tidak pernah kekurangan apa pun secara materi. Itu semua berkat kerja keras ibu saya. Kadang, saya berpikir, bisakah saya sekuat ibu saya dalam membesarkan anak saya sendiri? Bisakah saya mengajarkan hal yang baik-baik, sehingga nantinya dia bisa mandiri, bisa menjadi orang yang berguna bagi keluarganya, dan sebagainya?

Salah satu hal yang ingin saya ajarkan pada anak saya nanti adalah, saya tidak ingin dia melihat sesuatu dari harganya. I want her to learn about value, not price. Ketika semua diukur berdasarkan materi atau uang, tentunya tidak akan pernah cukup. Kita bisa saja mengejar uang sebanyak-banyak, tapi tidak pernah bahagia. Saya ingin dia tahu, bahwa begitu banyak hal yang tak bisa diukur oleh uang. Saya mau dia merasa bahagia dan selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Punya ambisi memang penting, tapi jangan lantas menghalalkan segala cara demi materi.

Saya juga ingin bisa membangun rasa percaya dirinya dengan tidak pernah merendahkan atau meremehkan segala macam usahanya. Mungkin banyak orangtua yang sering merasa tidak puas ketika anaknya tidak berprestasi secara akademis atau misalnya tidak pernah meraih juara di sebuah lomba. Saya tidak mau menjadi seseorang yang terus-menerus melihat ‘hasil’ bukan ‘usaha’. Semoga saya tidak menjadi ibu-ibu yang kesal karena anaknya tidak ranking atau tidak memenuhi ekspektasi orangtua. Saya ingin bisa mendorong anak saya untuk menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri, bukan menjadi sesuai keinginan saya.

Satu lagi, saya juga tidak ingin menjadi orangtua yang pemarah atau sering membentak anaknya. Saya pernah membaca, bahwa anak yang gemar berbohong adalah anak yang sering dimarahi. Mereka lebih memilih untuk berbohong dengan harapan tidak akan dimarahi, padahal pada akhirnya justru mereka akan lebih dimarahi begitu ketahuan bohong.

Saya menulis ini bukan karena sok tahu, mengingat usia anak saya saja masih empat bulan. Saya masih belajar menjadi ibu, pengalaman saya masih cetek. Saya cuma berharap tulisan ini bisa menjadi self reminder untuk diri saya sendiri, jika seandainya 10 atau 20 tahun lalu saya menjadi lupa akan hal ini.

My Wish for 2016

OMG… It’s already February! Biasanya saya selalu me-review ulang berbagai momen saya di tahun sebelumnya begitu memasuki tahun baru. Tapi yaa.. Sepertinya saya masih kesulitan untuk meluangkan waktu menulis blog, padahal banyak banget ide tulisan, terutama review seputar beauty products.

Karena ini tulisan pertama di tahun 2016, jadi saya mau flashback sedikit tentang momen terbaik pada tahun 2015 lalu. Sepertinya highlight tahun lalu bagi saya cuma dua, yaitu pergi jalan-jalan ke Eropa (akhirnya bisa foto di depan Eiffel) dan memiliki Alanna.

Tahun ini, harapan saya cuma satu. Saya ingin Alanna bisa tumbuh sehat dan bahagia. Soal karir, sepertinya saya tidak mau muluk-muluk. Saya tentunya masih ingin bekerja, baik itu kantoran maupun freelance, tapi soal karir sepertinya saya kesampingkan dulu. Bukannya apa-apa, saya melihat di tempat saya kerja saat ini, tidak ada jenjang karir untuk saya. Jangankan naik jabatan, saya saja melihat ada atasan saya yang turun jabatan.

Saya tidak mau bicara panjang lebar soal pekerjaan, karena lagi-lagi fokus saya saat ini hanya Alanna. Saya mungkin tidak cerita di tulisan sebelumnya, tapi Alanna lahir dengan kelainan bawaan yang dokter bilang sebagai “defect” di bagian kepalanya. Saat lahir, Alanna memiliki benjolan kecil berwarna keabu-abuan di kepalanya. Sekarang agak membesar, tapi kalau sekilas mungkin tidak kelihatan.

Bayangkan saja, sehari setelah melahirkan Alanna, dokter menyarankan USG kepala. Hari keduanya, dokter mengatakan Alanna sebaiknya di-MRI untuk melihat lebih lanjut. Namun akhirnya MRI itu baru dikerjakan saat usianya 3 bulan, karena dokter melihat kondisi Alanna saat itu baik dan sehat, sehingga dia merasa MRI bukan sesuatu yang urgent.

Saat Alanna mau MRI saja, pada bulan Januari kemarin, saya panik dan stressnya bukan main. Biasanya anak kecil atau bayi yang akan di-MRI harus dibius karena kepalanya tidak boleh gerak sama sekali. Namun untungnya dokter mencoba pakai obat penenang yang bisa membantu dia tidur lebih nyenyak. Alhamdulillah cara itu berhasil, karena kalau sampai Alanna harus dianestesi saya nggak bakal tega.

Setelah MRI, dokter melihat kondisi kepala Alanna sebagai Meningokel Posterior, tapi ukurannya kecil sehingga tidak perlu tindakan segera. Dia hanya perlu diobservasi dan usia setahun harus di CT scan untuk dilihat perkembangannya. Saya tidak akan menjelaskan secara detail apa itu meningokel, karena saya juga tidak terlalu paham. Yang pasti di bagian tulang kepalanya tidak sempurna, seperti ada rongga. Kelainan seperti ini katanya biasa dimiliki bayi, tapi karena lokasinya di kepala jadi saya harus ekstra hati-hati dan waspada. Sekarang pun saya harus memeriksakan Alanna lagi ke dokter spesialis anak hematologi, karena ada dugaan hemangioma di bagian kepalanya. Apa pula itu? Sejujurnya istilah-istilah itu baru sekali ini saya dengar. Kalau cari-cari di internet malah jadi takut sendiri, jadi lebih baik saya memang bertanya langsung ke dokter.

Jadi.. Doa dan harapan saya tahun ini hanya untuk Alanna. Semoga dia selalu diberi kesehatan. Semoga saya dan Yudo pun selalu diberi kesehatan, ketabahan, dan kesabaran. Bagaimanapun ini menjadi cobaan pertama kita sebagai orangtua. Saya juga sadar setiap orangtua tentunya selalu dihadapkan oleh berbagai permasalahan anak. Bismillah.. Semoga kita bisa melalui setiap masalah dengan baik.

Selamat datang 2016.. Let’s create some more beautiful memories. 

My 2015

 

Diary of a Breastfeeding Mom

Sejak awal kehamilan, saya memang selalu berniat untuk memberikan ASI eksklusif 6 bulan pada anak saya. Meski begitu saya sempat merasa tidak percaya diri, apakah nantinya ASI saya lancar atau tidak ya? Ternyata, Alhamdulillah ASI saya lancar, tapi memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir tidak semudah yang saya bayangkan.

Saya pernah diberitahu, pada menyusui itu sakit, apalagi ketika si bayi memainkan puting ibunya atau ketika si bayi sedang tumbuh gigi. Faktanya, menyusui–bahkan sejak awal–ternyata sangat menyakitkan.

Sebelum lanjut baca, penting untuk diketahui bahwa tulisan ini mungkin terkesan agak vulgar, karena saya akan banyak membicarakan soal payudara. Namun menurut saya ini penting, khususnya untuk ibu-ibu muda seperti saya yang juga sedang belajar.

The Neverending Ouch!

Dimulai dari rasa sakit ketika menyusui pertama kali. Awalnya saya pikir akan terbiasa setelah beberapa hari, tapi saya salah! Selanjutnya ada insiden puting lecet atau bahkan berdarah. Mau menyusui saja sudah takut duluan, karena rasa perih dan nyeri yang terus-terusan muncul. Ketika tersentuh tangan atau bahkan disiram air saja, bagian puting rasanya nyeri.

Tak cukup rasa nyeri saja, karena ketika produksi ASI sudah mulai banyak sementara si bayi kemampuan menyusuinya masih sedikit, muncul masalah baru. Payudara saya terasa mengeras, sakitnya bukan main, bahkan untuk tidur saja susah. Saya sempat merasa meriang gara-gara ini. Katanya sih ini memang wajar dialami para ibu menyusui. Caranya harus dipijat agar ASI yang membeku bisa kembali cair. Saya juga biasanya menggunakan handuk atau botol berisi air panas untuk sedikit ‘mencairkan’ asi beku itu. Selanjutnya, payudara pun harus dipompa agar tidak terus-terusan membeku.

Bayi pun biasanya akan sulit menyusui jika payudara terlalu kencang dan bengkak. Jadi saya membiasakan diri untuk selalu memompa payudara ketika mulai dirasa terlalu kencang.

Hingga sekarang rasanya nyerinya masih ada, but I just have to deal with it. Oh iya, satu lagi soal payudara. Jangan heran ketika bentuknya menjadi besar sebelah, karena mungkin ada kecenderungan sisi payudara tertentu lebih banyak memproduksi ASI.

Tak hanya masalah payudara, ada lagi masalah sembelit yang mungkin tak banyak dibicarakan. Suatu kali, saya mengobrol dengan teman yang memiliki anak usia 4 tahun. Dia bertanya, apakah saya sempat merasakan sembelit? “Sebal ya kenapa nggak ada yang kasih tahu kalau kita bakal sembelit pas menyusui,” begitu katanya.

Masalah sembelit sangat menyebalkan bagi saya yang melahirkan secara normal dan mendapat jahitan di bagian bawah sana. Otomatis ketika sembelit saya pun jadi takut buang air besar, karena takut jahitannya robek.

Saat tanya ke dokter pun, ternyata memang sembelit itu wajar. Cairan dalam tubuh kita banyak keluar karena ASI. Itu dia mengapa kita perlu banyak minum air putih, perbanyak makan buah, dan sayuran. Saya akhirnya membiasakan untuk rutin makan pepaya setiap harinya dengan porsi yang banyak. Setelah beberapa minggu, baru deh urusan ‘ke belakang’ kembali normal.

The Baby Blues Episode

Soal ini, saya tidak tahu apakah saya bisa dikategorikan memiliki baby blues atau tidak. Tapi kalaupun iya, saya pikir wajar juga bagi setiap ibu baru mengalami baby blues ini, meski gejalanya berbeda bagi setiap orang.

Saya, misalnya, di minggu-minggu pertama mudah sekali menangis, sedih, marah, dan perasaan tak menentu lainnya. Bukan sedih karena punya anak, tapi karena takut tak bisa menjadi ibu yang baik. Saya pikir perasaan itu juga muncul karena rasa lelah yang luar biasa.

Bayangkan saja, saat akan melahirkan saya bisa dibilang tidak tidur seharian. Setelah seluruh energi habis untuk melahirkan, saya mungkin hanya sempat tidur 1-2 jam, karena banyak saudara dan teman yang datang menjenguk hingga malam. Setelah pulang ke rumah, saya pun kesulitan istirahat karena masih menyesuaikan diri. Si bayi juga sepertinya sedang menyesuaikan diri dengan jadwal menyusui dan jadwal tidurnya sendiri.

Jadi menurut saya wajar bagi para ibu jika perasaannya sangat sensitif di awal-awal menyusui. Makanya peran suami sangat penting saat ini. Alhamdulillah suami saya benar-benar sabar, karena saya bisa menjadi sangat sangat menyebalkan. I’m so sorry yudo.. I blame the hormones.

The Zombie Look

Beberapa minggu setelah tahu saya hamil, mendadak saya merasa mual kalau pakai lipstik. Padahal saya kan pencinta lipstik sejati! Makanya banyak yang mengira saya hamil anak laki-laki, bahkan ada yang terang-terangan bilang saya terlihat jelek–hiks!

Setelah melahirkan, penampilan saya juga tidak membaik. Berkat begadang dan kurang tidur, saya merasa ngeri melihat wujud saya di depan kaca. Rambut acak-acakan, muka dan bibir pucat, mata cekung, serta lingkaran hitam di sekitar mata. Benar-benar seperti zombie..atau vampire!

Untungnya lagi.. Saya masih ada ibu yang mengurus makanan, mencekoki saya dengan segala macam makanan sehat. Kacang hijau, sayur katuk, kaldu daging, dan lainnya. Tidak terbayangkan jika saya harus mengurus bayi sendiri sambil menyiapkan makanan. Jadi saya sangat-sangat bersyukur atas kehadiran mama dan sangat kagum dengan kakak saya yang memiliki tiga anak tanpa bantuan dari mama sedikit pun.

The Constant Eating

Setelah 9 bulan merasa mual saat hamil–yes, you got that right, whole 9 months!–saya akhirnya bisa makan enak. Ketika banyak orang bilang saat hamil pasti nafsu makan jadi besar, saya malah tidak merasakannya.

Saya tidak pernah merasa ngidam makanan tertentu, sebaliknya setiap makan bahkan yang enak sekalipun menjadi tidak enak di lidah saya. Setiap makanan pasti meninggalkan after taste yang membuat saya mual–meski tidak selalu muntah. Sikat gigi pun selalu membuat saya mual, tapi jika tidak sikat gigi dan sikat lidah, saya juga akan mual terus.

Begitu melahirkan, saya mencoba sikat gigi dan rasa mual itu hilang total. Semua makanan pun terasa enak. Saya yang biasanya tidak suka sayur saja bisa makan sayur dalam porsi yang banyak.

Sayur katuk menjadi favorit saya. Pagi setidaknya saya dua kali sarapan, ditambah camilan sore, serta sepiring penuh buah berupa pepaya dan mangga sebelum tidur.

Saya juga tidak berharap kurus dalam waktu dekat, karena yang penting adalah saya makan yang cukup dan bergizi untuk ASI saya. Dengan semua makanan terasa enak, ya saya jadi makan terus, hehe. Mungkin ini dia penyebab ibu-ibu menyusui kadang terlihat lebih gemuk dibanding saat hamil.

Setelah hampir dua bulan, rasanya saya sudah bisa mengatur waktu. Saya juga masih punya waktu istirahat. Semua hal-hal tidak menyenangkan itu pun tidak akan terasa ketika melihat perkembangan bayi saya. Kenaikan berat badannya normal dan saya pun menjadi lebih percaya diri saat menyusuinya.

Tapi masalah saya tidak selesai sampai di sini, karena ada episode baru nantinya di mana saya mulai bekerja dan harus menyiapkan ASI perah untuk Alanna. Perjuangan ibu memang berat, baik untuk yang menyusui dengan ASI maupun susu formula, yang bekerja di kantor maupun yang tinggal di rumah.

Pengalaman inilah yang membuat saya makin kagum dengan ibu saya, ibu mertua saya, kakak saya, dan teman-teman saya yang sudah memiliki anak. Senang rasanya bisa sharing dan bertanya pada mereka seputar pengalaman mengurus anak.

Teman-teman saya ini pun punya cerita berbeda-beda. Ada yang resign dan kerja freelance, ada yang tetap bekerja dan sukses di karir, ada yang jadi pengusaha untuk mengurus anak di rumah, dan ada yang keluar dari pekerjaan lalu beberapa tahun setelahnya kembali bekerja. Salut untuk para ibu. Semoga saya juga bisa menjadi ibu yang baik untuk Alanna…

 

Saat acara syukuran 40 hari Alanna. Bismillah semoga Alanna selalu diberi kesehatan dan menjadi anak yang baik