Euro Trip 2017: Short Time in Hamburg and Berlin


Perjalanan kami pun dilanjutkan menuju Jerman, tepatnya ke Kota Hamburg. Mengapa kami ke sini? Alasannya, karena ayah ibu mertua saya dan Yudo ingin bernostalgia, begitupula salah satu bude Yudo yang dulu pernah tinggal di kota tersebut.

Yudo pun akhirnya menyusul kami di Kota Hamburg, karena waktu itu memasuki long weekend menjelang Paskah. Di Hamburg, kami napak tilas ke rumah yang pernah ditempati oleh Yudo sekeluarga. Kami bahkan secara tak sengaja bertemu dengan tetangga-tetangga Yudo dulu yang ternyata masih tinggal di situ. Tadinya kami pikir tak ada orang di rumah, karena tentunya banyak orang yang memilih menghabiskan long weekend di luar kota.

Setelah mengobrol-ngobrol sebentar, kami pun lantas ke KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Hamburg, tempat mama Yudo merasakan penempatan pertama. Yup, being a diplomat runs in Yudo’s family, hehe. Ada pula beberapa orang staf yang masih bekerja, bahkan setelah 20 tahun berlalu–wow.

Tidak banyak tempat yang kami kunjungi, at least bukan rempat yang menjadi destinasi wisata, karena memang tujuan kami ke sini sekadar untuk nostalgia dan bertemu teman lama. Saat di KJRI, saya dan Yudo sempat ‘ngabur’ sejenak mencari kebab, dan kami menemukan kebab enak banget tak jauh dari situ.

Selama di Austria saja, saya belum pernah menemukan kebab yang benar-benar enak, tapi yang ini enak banget, apalagi rotinya yang crispy melengkapi daging yang gurih. Saking besar ukurannya, kebab ini bahkan saya makan untuk makan siang dan makan malam. Sayangnya, saya lupa nama kebabnya (sorry), yang pasti letaknya nggak jauh dari KJRI Hamburg (siapa tahu ada yang penasaran..hehe).

Kami juga sempat berjalan-jalan ke Jungfernstieg, yang juga menjadi salah satu tempat yang dikunjungi para turis. Kayaknya, sih, tempat ini juga menjadi tempat nongkrong buat anak-anak muda. Bisa duduk-duduk di pinggir danau sambil menikmati kopi atau es krim. Kalau Alanna, sih, senang banget, karena banyak bebek dan angsa.. haha. Sayangnya, saat kami ke sana cuacanya lagi gloomy banget, mendung, dan akhirnya hujan pun turun. Kami hanya menginap semalam di Hamburg dan langsung melanjutkan perjalanan ke Berlin.

Di Berlin, tempat yang kami tuju tentu saja tembok berlin. Namun kami hanya melihat dari dalam mobil, karena lagi-lagi cuaca nggak bersahabat dan hujan turun cukup deras. Kami juga sempat ke Checkpoint Charlie, salah satu destinasi turis saat ke sini. Kita jadi belajar sejarah mengenai Berlin Barat dan Berlin Timur. Bagaimana dulu kota ini terbelah menjadi dua bagian, di mana Berlin Barat (katanya) hidup enak dan Berlin Timur dikuasai komunis.

Checkpoint Charlie ini merupakan perbatasan dari wilayah Berlin Barat yang dikuasai Amerika Serikat (ada juga sektor lainnya, yaitu Inggris dan Prancis) dengan Berlin Timur yang dikuasai Uni Sovyet. Nggak enaknya, suasana di Checkpoint Charlie ini ramai banget. Mau foto pun susah. Kalau mau foto sama tentara-tentaraan saja harus bayar. Sudah begitu, fotonya masa berlatar belakang McDonald’s.. padahal ini kan tempat bersejarah.

Selain Checkpoint Charlie, tempat lainnya yang juga menjadi destinasi para turis adalah Brandenburger Tor atau Brandenburg Gate. Monumen neoklasikal dari abad ke-18 ini merupakan gerbang yang menandai awal jalan dari Kota Berlin menuju Kota Brandenburg.

Kami juga cuma semalam menginap di Berlin, karena perjalanan panjang mengelilingi beberapa Kota Eropa selama kurang lebih 16 hari ini akan segera berakhir. Keesokannya, kami pun melanjutkan perjalanan menuju kota terakhir yang akan kami kunjungi, yaitu Praha di Republik Ceko.

Berikut ini sedikit foto-foto di Hamburg dan Berlin.

hamburg-2017 (1)
Di halaman belakang KJRI Hamburg
hamburg-2017 (2)
Ada yang senang lihat bebek 😀
hamburg-2017 (3)
Dingin-dingin makan es krim, hehe
hamburg-2017 (4)
Jungfernstieg, Hamburg
hamburg-2017 (5)
Yudo lagi nostalgia di KJRI Hamburg
berlin (2)
Checkpoint Charlie
berlin (3)
Foto dengan latar belakang McDonald’s di Checkpoint Charlie 😀
berlin (1)
Berlin Barat dan Berlin Timur

Next destination: Prague, Czech Republic.

Advertisements

3 thoughts on “Euro Trip 2017: Short Time in Hamburg and Berlin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s