Euro Trip 2017: First Stop, Budapest

Hello.. sudah lama saya tidak update di blog ini dan sekarang saya ingin cerita soal perjalanan saya keliling beberapa negara di Eropa dalam waktu dua minggu terakhir kemarin.

Akhir Maret lalu, saya kedatangan mertua saya. Mereka rencananya akan tinggal di Wina hingga awal Juni mendatang (yeay.. Alanna nggak kesepian lagi, saya juga hehe). Kemudian datang pula kakak dan adik dari ibunya Yudo, jadilah di rumah makin ramai.

Untuk trip kali ini, saya sebenarnya cuma nimbrung saja, jadi soal rute dan tempat-tempat yang dikunjungi saya nggak ikut milih. Tadinya saya sempat berpikir hanya akan ikut seminggu saja, tapi setelah dipikir lebih lanjut kayaknya bakal repot, apalagi saya bawa bayi dan Yudo juga tidak bisa ikut karena belum dapat cuti. Dia baru akan nyusul saat long weekend libur Paskah di tanggal 14 April.

Oke, mari kita mulai dari perjalanan pertama kami. Dari Wina, kami menuju Budapest, Hongaria (Hungary). Saya sendiri belum pernah ke Budapest, padahal kota ini terbilang cukup dekat dari Wina, yaitu sekitar 3 jam perjalanan memakai mobil. Di Budapest, kami hanya menginap semalam, jadi waktu untuk jalan-jalan pun sebenarnya tidak banyak.

Hari pertama, kami menghabiskan waktu di pusat kota, sambil keluar masuk toko souvenir. Budapest saat itu juga tengah diramaikan oleh bazar yang dipenuhi kios-kios kecil berisi makanan, produk kerajinan tangan, dan lainnya. Saya tidak tahu apakah itu bazar permanen atau untuk memeriahkan Hari Paskah yang dirayakan pada pertengahan April kemarin.

Setelah dari sana, kami berjalan-jalan di pinggir sungai Danube sambil berfoto-foto. Sungai ini sendiri melintasi beberapa kota dan negara, termasuk Wina (Austria) dan Bratislava (Slovakia).

Sore harinya, kami menaiki kapal yang berkeliling di sungai tersebut sambil menikmati pemandangan kota Budapest yang terdiri dari Buda (kota tua dengan Buda Castle yang terkenal dan sederetan bangunan antik lainnya) dan Pest (yang lebih modern dan menjadi pusat pemerintahan). Dua wilayah yang terpisahkan oleh Sungai Danube dan Chain Bridge yang juga menjadi landmark dari kota tersebut.

Cuaca kala itu cukup bersahabat. Cerah dengan angin yang sejuk. Namun begitu masuk ke sore hari, terutama saat di atas kapal, baru, deh, terasa sangat dingin. Ada beberapa jenis kapal yang menawarkan jasa mengelilingi Sungai Danube tersebut, tinggal pilih saja, deh, mau yang sederhana atau mau yang agak mewah, karena ada juga kapal yang di dalamnya terdapat restoran. Yang pasti, setiap kapal menyediakan penjelasan mengenai sejarah Budapest selama perjalanan mengelilingi sungai selama kurang lebih satu jam.

Keesokan harinya, kami berjalan-jalan di sekitar Gedung Parlemen, Buda Castle, Matthias Church, dan Fisherman’s Bastion. Memang, sih, tempat yang kami kunjungi tidak banyak, tapi saya sangat menikmati arsitektur Gothic yang cantik dan pemandangan Kota Budapest yang bisa dilihat dari atas Fisherman’s Bastion.

Masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi di Budapest, yang dinobatkan sebagai salah satu kota tercantik di Eropa. Nggak salah, sih, kotanya memang cantik banget, terutama kota tuanya yang memang dijaga dengan baik. Ah well, meski nggak sempat ke banyak tempat, berikut ini beberapa foto yang (semoga) bisa menggambarkan kecantikan kota Budapest.

Buda Castle
fishermanbastion
Di depan Fisherman’s Bastion
Pemandangan Budapest diambil dari atas Fisherman’s Bastion

Next destination: Zagreb, Croatia.
(All photos taken by me — except when I’m in it 😊)