My Own Column


Yes… I have my own column! Sebenarnya sudah cukup lama, sih, saya punya kolom sendiri di media tempat saya bekerja. Tapi karena url-nya berpindah-pindah, saya jadi agak segan mempromosikannya di blog ini, hehe..

Awalnya, saya bekerja untuk media Kabar24, tapi sekarang sudah digabungkan ke Bisnis.com. Agak rancu sebenarnya dengan nama “Bisnis”, eh kolom yang ada justru “Konsultasi Fashion”. Ah well.. saya tetap senang punya kolom sendiri, apalagi muka saya terpampang di situ (hihi.. narsis sedikit boleh dong).

Saya cerita mengenai kolom ini ya.. Meski namanya “Konsultasi Fashion”, sebenarnya saya juga menerima pertanyaan seputar kecantikan, nggak hanya soal padu padan busana saja. Dulu pemilihan nama “Fashion” itu, karena kita mikir, ya sudahlah fashion dianggap saja sebagai penampilan secara keseluruhan, busana plus kecantikan.

Awal-awalnya, saya minta anak magang saya untuk mempromosikan kolom ini dan meminta mereka untuk kirim pertanyaan. Saya juga promosikan kolom ini di media sosial. Akhirnya, mulai berdatangan, deh, berbagai pertanyaan ke email saya.

Setiap minggunya pasti ada saja email yang masuk bertanya seputar padu padan busana. Namun kebanyakan masalahnya mirip-mirip, yaitu punya tubuh gemuk, ingin pakai hijab yang modis, dan pemilihan kebaya. Kadang kalau pertanyaannya serupa, saya kirim email kembali ke mereka kalau topik serupa sudah pernah dimuat. Jadi mereka bisa langsung lihat saja artikelnya di website.

Ada juga email-email ‘aneh’ dan ‘nyeleneh’ yang masuk. Contohnya, nih, ada yang pernah bertanya, “Mbak, saya punya pabrik konveksi baju, bisa saya distribusikan ke mana ya?”. Doeng…. contoh satu orang Indonesia yang memang tidak gemar membaca aturan. Padahal jelas-jelas di kolom saya itu ada tulisan, “Bagi Anda yang ingin berkonsultasi seputar padu padan busana dan kecantikan…”.

Eh, tapi orang itu tidak sendiri. Ada juga yang bertanya, “Mbak, saya baru saja di-PHK, bagaimana caranya saya bisnis di bidang fashion, ya..”

Nah, itu adalah salah satu contoh kenapa saya bilang sangat rancu jika media bernama “Bisnis” justru punya kolom “Konsultasi Fashion”, jadinya, kan, orang mengira saya memberikan konsultasi seputar bisnis fashion.

Pernah juga ada yang bertanya, “Mbak, saya ingin bikin baju seragam karyawan, di mana ya?”.. Ya ampun, saya juga nggak tahu (-___-“).

Ada lagi, nih, yang pernah kirim email aneh. “Halo Mbak, saya mau konsultasi, dong, baju yang cocok untuk saya seperti apa, ya?”

Aduh mbaknyaaa.. memangnya saya cenayang, ya, bisa langsung tahu si mbak cocok pakai baju apa, tanpa tahu deskripsi dirinya, tanpa tahu foto dirinya seperti apa.

Ya.. itu sebagian kecil saja, sih, karena email-email yang lainnya cukup membuat saya terharu. Mereka benar-benar bertanya detail dan membuat saya menjadi sedikit bangga (boleh dong, ya..) bahwa ternyata ada lho yang baca kolom saya ini. Mereka juga mau meluangkan waktu untuk mengirimkan email kepada saya.

Saya malah lebih terharu lagi saat ada pembaca cowok yang mengirimkan email untuk bertanya soal padu padan busana. Memang, sih, pembaca cowok yang bertanya bisa dihitung pakai jari, tapi saya suka saja karena isi kolomnya jadi beragam.

Meski nggak rutin menulis artikel di kolom ini, (karena saya harus memilah-milah email yang masuk supaya topiknya nggak sama terus), saya tetap berusaha untuk menjawab semua pertanyaan dari mereka.

Jika nanti saya tidak di kantor ini lagi, saya nggak tahu deh bagaimana nasib kolom saya ini. Yang pasti sekarang saya screen capture dulu, nih, supaya ada bukti kalau memang saya punya kolom sendiri.

Oh iya, kalau mau intip-intip, ini linknya.

 

4 thoughts on “My Own Column

Leave a Reply

