Brown Lipstick Trend: MAC Whirl & MAC Retro


Lipstik warna cokelat ala tahun ’90-an kembali menjadi tren. Sebenarnya lipstik warna ini sudah mulai diminati sejak tahun lalu (atau dua tahun lalu, yaa..), tapi sekarang makin banyak selebriti dan fashion show yang memamerkan bibir kecokelatan, baik yang berwarna nude maupun gelap.

Saya sebenarnya tidak pernah tertarik memakai lipstik warna cokelat, karena takut wajah saya terlihat kusam dan tidak menarik. Namun lama-lama, saya jadi tertarik juga untuk mempunyai lipstik warna cokelat.

Setelah mencoba beberapa lipstik warna cokelat, pilihan saya akhirnya jatuh pada koleksi lipstik MAC (no surprise!), karena memang MAC memiliki beragam lipstik warna cokelat.

Lipstik cokelat pun sebenarnya jika dilihat-lihat tidak benar-benar cokelat seperti cokelat yang bisa dimakan (walaupun ada juga yang seperti itu). Lipstik berwarna cokelat yang wearable (alias bisa dipakai oleh cewek dengan skintone seperti saya) biasanya memiliki campuran warna pink, peach, orange, atau bahkan merah.

Pilihan pertama saya adalah MAC Retro (in satin finish). Saya tadinya membandingkan warna MAC Retro dengan Del Rio. Warna Retro tampak lebih hangat di kulit saya ketimbang Del Rio, itulah mengapa saya memilih warna tersebut.

MAC Retro didefinisikan sebagai warna “muted peach-pinky brown“. Warna cokelat dengan perpaduan peach dan pink ini terlihat sangat menarik. Cocok untuk dipakai sehari-hari. Tekstur satin juga terasa nyaman di bibir, karena tidak sekering lipstik matte. Saya tidak tahu kenapa tidak banyak orang yang merekomendasikan warna ini, padahal warnanya baguuuus banget. I love this one!

Selanjutnya, saya juga punya MAC Whirl (in matte finish) yang didefinisikan sebagai warna “dirty rose“. Jika dilihat, warnanya memang merupakan pencampuran antara cokelat dan rose pink. Warnanya sedikit greyish alias keabu-abuan, tapi masih bisa dipakai oleh saya. Teksturnya yang matte membuat lipstik tahan lama, meski terlihat lebih kering dibanding lipstik jenis satin.

Saya memberi nilai 9/10 untuk MAC Retro (just because I love the color and texture), sedangkan untuk MAC Whirl saya beri nilai 8/10.

See the comparison below…

mac retro whirl swatches
MAC Retro and Whirl (swatches on my hand)

mac retro and whirl
Left: MAC Retro (in satin finish), Right: MAC Whirl (in matte finish)
 

5 thoughts on “Brown Lipstick Trend: MAC Whirl & MAC Retro

  1. Neng akika juga rekomen bgt MAC Retro ini! my fave color banget buat coklat kemerah2an hehe…Satu lg yg gue sukak juga MAC Cosmo amplified…si Retro ini heits sebenernya tp di forum cewe2 middle east dan india gt soalnya mereka warna kulitnya cenderung gelap gitu jd cuco sama ni warna 🙂

      1. Neng kaya nya kita selera nya mirip mirip ya sama lipstick hihihi. Bener tuh aku kantornya cuma selemparan kolor dari flagship store MAC gimana gak bahaya coba huehehe

Leave a Reply

