Favorite Facial Cleansing Products (at the Moment)


Sebagai pencinta makeup, saya tentu saja tidak melupakan perawatan kulit. Bagaimanapun juga, riasan wajah memerlukan kanvas (alias kulit) yang bagus. Itulah kenapa produk pembersih makeup dan wajah sangat penting, tidak hanya untuk mereka yang secara rutin menggunakan makeup tapi juga untuk siapa saja.

Kali ini saya akan membicarakan seputar pembersih makeup dan wajah favorit saya, sekaligus langkah-langkah yang diperlukan untuk membersihkan wajah. Salah satu dosa besar para pengguna makeup adalah tidak membersihkan wajah mereka setelah seharian makeup. Jangan pula tidur dengan makeup masih melekat di wajah, karena bisa menutup pori-pori dan akhirnya menyebabkan bakteri di wajah.

Sephora Instant Eye Makeup Remover, The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Makeup Remover, Camomile Silky Cleansing Oil, Wardah Olive Oil
Sephora Instant Eye Makeup Remover, The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Makeup Remover, Camomile Silky Cleansing Oil, Wardah Olive Oil

Eye makeup remover

Sebagai pemilik mata yang mudah berminyak, saya lebih suka menggunakan eyeliner dan maskara  dengan kandungan waterproof. Kelebihannya, tentu produk ini lebih tahan lama bahkan ketika dipakai seharian. Namun kekurangannya, produk waterproof susah sekali dihapus.

Untuk itu, saya membutuhkan produk penghapus makeup khusus kosmetik waterproof. Saat ini saya suka sekali memakai produk Sephora Instant Eye Makeup Remover dan The Body Shop Camomile Waterproof Eye & Lip Make-up Remover.

Jujur, sebenarnya saya salah beli produk Sephora ini, karena yang saya inginkan justru yang untuk waterproof makeup. Jadi, supaya nggak salah, lihat saja warnanya, yang warnanya biru semua itu untuk makeup biasa, sedangkan untuk yang waterproof terlihat cairan warna biru dan minyak yang terpisah.

Nah, Sephora Instant Eye Makeup Remover ini hanya bisa digunakan untuk riasan mata yang tidak waterproof, seperti eyeliner pensil dan eye shadow, sedangkan yang waterproof lebih baik pakai pembersih dari The Body Shop.

Untuk menggunakannya, saya memakai kapas, tuangkan produk secukupnya, lalu tempelkan di area mata. Diamkan selama beberapa detik, lalu sapukan dari arah dalam mata ke arah luar. Sapukan dengan satu arah dan jangan kucek-kucek mata, karena area mata memiliki tekstur kulit yang lembut.

Jika riasan mata masih juga membandel, biasanya saya akan beralih ke olive oil keluaran Wardah. Menurut saya, olive oil atau minyak zaitun lebih natural dibandingkan baby oil. Olive oil pun tidak akan terasa perih di mata. Biasanya, saya oleskan sedikit minyak zaitun di bagian bulu mata (karena maskara waterproof paling sulit dibersihkan), kemudian saya diamkan beberapa saat, baru dihapus dengan menggunakan kapas. Saya juga biasa meneteskan sedikit olive oil di cotton bud dan gunakan untuk menghapus eyeliner yang masih menempel di dekat lash line (atau garis bulu mata).

Cleansing milk or cleansing oil

Untuk menghapus riasan pada wajah, saya biasa menggunakan cleansing milk, gel, atau oil. Favorit saya untuk produk pembersih adalah Skinfood Green Tea Milk Cleansing Gel. Masalah saya dengan susu pembersih, yaitu saya sering merasa kulit terasa perih, tapi tidak dengan produk keluaran Skinfood ini. Ini merupakan botol ketiga. Ada dua varian dari produk ini, yaitu Cleansing Milk dan Green Tea. Saya pada akhirnya lebih menyukai varian Green Tea, karena rasanya lebih segar di kulit.

Cara menggunakannya, oleskan cleansing milk ke seluruh wajah, lalu pijat-pijat wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat riasan wajah. Selanjutnya saya menggunakan tisu atau handuk basah untuk membersihkan wajah. Saya tidak suka memakai kapas, karena seratnya bisa dengan mudah menempel di wajah.

Berbeda dengan pembersih satu lagi yang menjadi favorit saya, yaitu The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil. Saya suka menggunakan produk ini saat saya tidak memakai riasan yang terlalu tebal (misalnya, hanya BB Cream atau hanya memakai bedak saja).

Menurut saya, produk ini tidak cukup membersihkan saat saya memakai makeup yang cukup tebal (meskipun saya juga tidak pernah berdandan ekstra tebal). Cara menggunakannya, cukup sapukan cleansing oil ke seluruh wajah, pijat-pijat, kemudian ambil sedikit air dan sapukan kembali ke wajah. Dengan memberikan sedikit air, minyak akan terlihat sedikit berbusa, baru setelah itu dibilas dengan air.

Skinfood Green Tea Milk Cleansing Gel, Clinique Liquid Facial Soap, Clinique Clarifying Lotion
Skinfood Green Tea Milk Cleansing Gel, Clinique Liquid Facial Soap, Clinique Clarifying Lotion

Facial wash

Terakhir dan tak kalah penting, saya selalu menyudahi proses pembersihan ini dengan sabun pencuci wajah. Menurut saya, tidak cukup jika hanya menggunakan cleansing milk atau oil, karena saya ingin wajah saya benar-benar bersih. Saya selalu menggunakan Clinique 3-step, yang terdiri dari Liquid Facial Soap, Clarifying Lotion, dan terakhir Moisturizer.

Dulu saya selalu menggunakan sabun batangan dari Clinique, tapi sejak mereka merilis sabun dalam bentuk cair, saya lebih memilih produk ini. Memang, sih, lebih boros dan mahal, tapi rasanya lebih lembut di kulit, sementara sabun batangan bisa membuat kulit terasa kencang dan kering.

Setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih, keringkan wajah, dan dalam keadaan lembap gunakan Clarifying Lotion yang berfungsi sebagai toner untuk menyegarkan wajah. Baru setelah itu, saya menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan wajah.

Menurut saya, selalu akhiri pembersihan wajah dengan pelembap, baik itu pelembap harian ataupun krim untuk malam hari. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, terutama setelah kulit seharian tertutup makeup atau diterpa kotoran dan debu.

Leave a Reply

