Best of the Haute Couture Spring/Summer 2015


Pekan busana couture atau Paris Haute Couture Fashion Week baru saja usai digelar. Pekan mode yang berlangsung sejak Minggu, 25 Januari 2015 hingga Kamis, 29 Januari 2015 itu menghadirkan koleksi dari sejumlah desainer papan atas.

Berbeda dengan koleksi busana ready-to-wear, koleksi busana haute couture merupakan tipe busana high-end yang mengedepankan detail rumit. Jahitan tangan dan penggunaan bahan yang eksklusif juga merupakan ciri dari busana ini.

Berikut ini adalah tujuh koleksi terbaik di peragaan busana haute couture yang digelar di Paris, Prancis, musim Spring Summer 2015.

1. Armani Prive

Armani Prive - haute couture Spring/Summer 2015
Armani Prive – haute couture Spring/Summer 2015

Desainer Giorgio Armani kembali menampilkan keahliannya dalam merancang busana yang kaya akan detail. Bambu, yang menjadi inspirasi koleksi ini, hadir dalam motif, model celana, ikat pinggang obi, lengan kimono, hingga deretan gaun cantik.

Koleksi gaunnya sangat elegan dengan permainan detail manik-manik yang lembut. Sementara model plunging necklines atau belahan dada yang rendah, menambah kesan seksi dalam koleksinya.

Bisa dipastikan, koleksi Armani Prive ini akan menjadi favorit para selebriti untuk dipakai di ajang karpet merah.

2. Atelier Versace

Versace - haute couture Spring/Summer 2015
Versace – haute couture Spring/Summer 2015

Donatella Versace mendapat kehormatan untuk membuka pekan mode couture tahun ini. Rancangannya pun meneriakkan kesan seksi, yang merupakan ciri khas rumah mode asal Italia tersebut.

Versace menampilkan gaun dengan potongan pas badan, yang memiliki detail cut out atau panel dengan garis meliuk berbahan transparan.

Lekukan tubuh tampaknya menjadi fokus pada koleksi Versace kali ini. Tak hanya itu, karena peragaan busana tersebut juga membawa kembali beberapa model senior, seperti Amber Valetta dan Eva Herzigova, yang membuktikan tubuh seksi bisa dimiliki wanita segala usia.

3. Elie Saab

Elie Saab - haute couture Spring/Summer 2015
Elie Saab – haute couture Spring/Summer 2015

Desainer asal Lebanon, Elie Saab, membawa keindahan negeri dongeng dalam koleksi busana couture-nya. Desain gaun panjang tampak begitu lembut dengan pemakaian kain halus dan transparan.

Motif-motif bunga tampak seperti lukisan di atas kain dan memberikan kesan feminin nan elegan. Detail embroidery juga menjadi kekuatan koleksi ini, yang hadir dalam model gaun panjang hingga gaun pendek dengan model A-line.

Elie Saab merupakan salah seorang couturier (desainer couture) yang konsisten dalam merancang busananya. Maka tak heran, koleksi busananya juga sangat sering menjadi pilihan selebriti di karpet merah.

Detail manik-manik, embroidery, dan renda berpadu dengan gaun bermodel feminin yang menonjolkan keindahan wanita, merupakan ciri khasnya.

4. Dior

Dior - haute couture Spring/Summer 2015
Dior – haute couture Spring/Summer 2015

Raf Simons dari rumah mode Dior terus-menerus menampilkan inovasi dalam setiap rancangannya. Desainer asal Belgia itu mampu mengubah citra Dior menjadi lebih trendi, edgy, namun tetap mengedepankan kesan mewah.

Dalam rancangan couture-nya kali ini, Raf menghadirkan inspirasi dari berbagai perpaduan gaya 1950-an dan 1960-an. Koleksinya terdiri dari mini dress yang dihiasi manik-mani, ada pula gaun floral dengan model busana mengembang, serta koleksi bodysuit dalam motif psychedelic.

Warna-warna cerah, seperti hijau, kuning, pink, merah, tampak bercampur dengan aneka motif menarik. Selain busana yang tampak trendi, Raf juga menghadirkan deretan sepatu boots kulit berbagai model dengan model hak transparan yang unik.

5. Chanel

Chanel - haute couture Spring/Summer 2015
Chanel – haute couture Spring/Summer 2015

Karl Lagerfeld tak pernah tanggung-tanggung dalam menggelar peragaan busana. Kali ini, dia mengubah Grand Palais Paris menjadi sebuah taman bunga di musim dingin.

Bunga juga tampaknya menjadi inspirasi Lagerfeld untuk rumah mode Chanel. Masih dengan ciri khasnya menampilkan bahan tweed, koleksinya kali ini juga dihiasi aplikasi bunga dalam beragam warna terang.

Busana model crop top juga terlihat mendominasi koleksi Chanel. Tidak hanya berbentuk blus crop top, karena hadir pula jaket dan bolero yang dipadukan dengan rok berbahan tweed.

6. Valentino

Valentino - haute couture Spring/Summer 2015
Valentino – haute couture Spring/Summer 2015

Romantisme tampaknya menjadi inspirasi duo desainer Maria Grazia Chiuri dan Pierpaolo Piccioli untuk rumah mode Valentino.

Kedua desainer itu menampilkan koleksi gaun panjang dengan detail sulaman tradisional yang terkesan antik. Ada pula scarf dress berbahan sutra, gaun biru berbahan tulle yang berhiaskan glitter, hingga gaun berbahan beludru yang mewah.

Glamor selalu menjadi ciri khas Valentino. Namun kesan itu kemudian berpadu dengan kelembutan dan keanggunan wanita. Penggunaan bahan yang lembut dan terkesan melayang, tampaknya mengambil inspirasi dari perasaan jatuh cinta yang bisa membuat siapa saja merasa ‘terbang’.

7. Giambattista Valli

Giambattista Valli – haute couture Spring/Summer 2015

Gaun-gaun cantik dan feminin dengan bahan tulle yang ditumpuk-tumpuk menjadi fokus utama rancangan Giambattista Valli.

Desainer asal Italia itu rupanya menggabungkan inspirasi dari dua ikon fashion yang berseberang, yaitu Coco Chanel dan Janis Joplin.

Pengaruh desain Coco Chanel direpresentasikan lewat jaket kecil warna hitam, sementara semangat Janis hadir lewat permainan layer pada koleksi dress cocktail yang dipadankan dengan celana panjang.

Koleksi ini juga kaya akan kesan edgy yang elegan, yang merupakan ciri khas Valli. Detail ruffle pada bahu, kerah Victoria yang anggun, serta rok bervolume tampak berpadu dengan cape berbahan bulu atau mantel dengan aplikasi bunga.

Sumber artikel: Lifestyle.bisnis.com

Sumber foto: Reuters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s