Behind Every Smileys


behind the smileys

Tanpa disadari atau tidak, komunikasi di era kecanggihan teknologi saat ini sudah berbeda. Kalau dulu telepon jadi andalan, kini pesan singkat melalui aplikasi BlackBerry Messenger atau Whatsapp malah jadi yang utama.

Meski cepat dan murah, bagi saya alat komunikasi ini tetap tidak bisa dibandingkan dengan komunikasi tatap muka. Saya bahkan lebih senang langsung menelepon jika ada hal-hal yang butuh penjelasan panjang atau hal-hal yang mendesak. Telepon pun bagi saya menunjukkan kedekatan, dibanding pesan singkat yang hanya mengandalkan huruf, bukan intonasi dan ekspresi.

Dalam aplikasi pesan singkat juga sebenarnya menghadirkan beragam emoticons. Icon-icon lucu yang menunjukkan bermacam ekspresi, mulai dari senyuman, tertawa, menangis, marah, hingga kaget.

Memang terlihat seperti kelebihan, sebuah cara untuk menegaskan kalimat yang ditulis. Tapi menurut saya, hal itu tidak selalu jadi kelebihan. Emoticons malah jadi berfungsi untuk menutupi emosi sebenarnya. Lagipula, lawan bicara kita tidak tahu bagaimana perasaan kita sebenarnya. Mereka (dan juga kita) hanya mengandalkan emoticons yang dipilih.

Kalau sebenarnya saya merasa tidak senang akan sesuatu, tapi tidak ingin menunjukkannya, tinggal pasang saja emoticon senyum. Tidak akan ada yang tahu jika kita sebenarnya merasa sedih atau kecewa.

Tidak ada yang tahu, bahwa di balik senyuman dan wajah emoticon bahagia sebenarnya saya sedang menutupi emosi sebenarnya.

Sepertinya hal itulah yang akhir-akhir ini jadi sering saya lakukan. Saya bersembunyi di balik senyuman. Saya bilang, “Tidak apa-apa [smiley]”.

Padahal dalam hati saya ingin berkata, “Seandainya saja kamu tahu apa yang saya rasakan [frown]”.

Untuk saat ini, sepertinya saya akan tetap bersembunyi di balik icon smileys  🙂

Leave a Reply

