Inside The Backstage


Seperti yang sudah saya sebutkan di posting sebelumnya, di JFW tahun ini saya bertugas menangani 1 show, yaitu Yayasan Jantung Indonesia berkolaborasi dengan Ari Seputra (sekaligus merayakan 10 tahun dirinya berkarir di bidang fashion). Pada show ini akan ada penggalangan dana, 14 muse dari YJI ikut jalan di catwalk, baru kemudian Ari Seputra menampilkan koleksinya dalam 3 sequence: Borobudur, Wayang, dan Keraton. Borobudur menghadirkan mini dress dari kain batik dan detail lipit yang cantik. Lalu Wayang, merupakan desain busana yang lebih elegan dengan detail bordir. Terakhir, Keraton hadir lebih glamour dalam balutan gaun hitam dan detail emas.

Tugas saya di show ini sama dengan tahun lalu, yaitu koordinator model. Tugas saya adalah memastikan mereka hadir pada saat gladi resik, kemudian menggiring mereka untuk make up, fitting baju, kemudian ganti baju dan masuk ke backstage. Tidak jarang, saya terus-menerus mengingatkan mereka “jangan lama-lama pergi ke toilet”. Hehe.. mungkin terkesan jahat yah, tapi nggak jarang pula para model itu cuek saja. Mereka menghilang dan pergi merokok, saya juga yang harus lari-lari mencari mereka. Ada pula model yang selalu on time dan mudah diajak kerjasama.

Sedihnya bekerja di backstage, saya tidak bisa melihat bagaimana para penampilan model-model itu ketika berjalan di catwalk. Karena penampilan baju terlihat lebih megah dengan tata lampu dan saat mereka berjalan di panggung. Kalau ingin melihat apa yang dilakukan para model di backstage, lihat saja foto-foto berikut ini. Sayangnya, saya tidak bawa kamera, jadi hanya mengandalkan kamera dari handphone.

From left to right: Merry, Sarah Aska, Dhea in Ari Seputra’s “Borobudur” collections
Dinda & Nadya May-May — love the pleated details
Ayu Fa & Bulan — sequence 1, Borobudur collections from Ari Seputra
Before the show starts
Yup… That’s Me!!
2 thoughts on “Inside The Backstage

  1. wah, minggu depan aku musti jadi panitia backstage catwalk. Padahal gak ada pengalaman jadi panitia blas…
    Apa aja ya yg kudu dipersiapkan? Apa aja yg kudu disiapin? Apa aja yg musti diwaspadai…
    Clueless…
    Bisa bantu masukan?

    1. Yang pasti sih, bawa catatan nama model, urutannya, contoh make up, baju2 yg akan dipakai model, dan kertas nama utk digantung di setiap baju.. Tergantung show-nya menampilkan brp sequence (bagian), kalau lebih dari 1, pastikan semua model ganti baju dgn cepat..
      Good luck 🙂

Leave a Reply

