About Blogging


Saya baru saja selesai menonton film “Julie & Julia”. Film yang dibintangi oleh Merryl Streep dan Amy Adams (salah satu aktris favorit saya berkat penampilannya di film “Enchanted”) ini dirilis tahun 2009. Memang sepertinya agak telat untuk menontonnya sekarang, apalagi film ini jadi pembicaraan tahun lalu karena Merryl Streep memenangkan Golden Globe dan mendapat nominasi Oscar. Tetapi yang membuat saya terinspirasi dari film ini adalah kisah nyata Julie Powell yang memulai blog-nya, mencoba resep dari buku resep Julia Child, dan akhirnya berhasil mencoba semua resep dalam buku tersebut plus rutin menulis dalam blog. Dia ingin menjadi penulis dan akhirnya berhasil.

Saya suka menulis, kadang pernah terbersit untuk menjadi penulis, tapi seperti yang dialami Julie Powell pada awalnya, saya hanya memulai menulis tanpa pernah menyelesaikannya. Punya blog ini saja, pernah beberapa bulan saya biarkan tanpa ada posting yang baru. Kadang ada saja yang mengganggu, pekerjaan yang terlampau sibuk atau tugas kuliah yang sudah membuat saya lelah di depan komputer. Jadi untuk apa lagi saya berlama-lama di depan komputer untuk mengetik di dalam blog? Capek tentunya.

Beberapa bulan yang lalu–bahkan tahun lalu–pacar saya pernah mengusulkan, kenapa saya tidak punya satu blog lagi yang lebih spesifik, yang sesuai dengan kesukaan saya. Di blog Blue Stellar ini, saya bisa bercerita, memasukkan segala macam pikiran saya, unek-unek, hal yang saya suka, baik dari musik, buku, film, fashion atau apa saja. Tapi saya pikir memang rasanya seru juga jika punya satu blog lagi. Akhirnya, saya pun membuat satu blog lagi, yang sesuai dengan pekerjaan saya saat ini. Saya membuat blog tentang fashion dan beauty. Posting pertama saya tentang penampilan para selebriti di red carpet. Hanya sampai disitu, karena saya kemudian malas melanjutkan, tidak sempat, tidak ada waktu. Jangankan blog yang kedua, blog saya yang pertama ini pun hampir tak pernah diisi.

Sejak tiga hari lalu saya cuti kerja, hanya karena ingin mendapatkan waktu untuk bermalas-malasan di rumah. Pada saat seperti inilah saya memiliki kesempatan untuk melihat-lihat beberapa situs fashion dan mulai berpikiran untuk melanjutkan apa yang sebelumnya sudah saya mulai. Saya pun mulai memperbaiki blog saya yang baru–saya beri nama Stellar Style–mengganti theme, menghapus posting lama yang sudah basi dan tampak tidak menarik, dan mengisinya dengan posting baru. Saya lebih banyak mengisi dengan foto ketimbang tulisan. Karena kalau ingin menulis panjang lebar, saya bisa melakukannya di blog Blue Stellar.

Saya tidak pernah berharap tulisan remeh-temeh di blog saya ini diterbitkan dalam bentuk buku seperti Julie Powell atau beberapa penulis di Indonesia yang memang beruntung–dan rajin menulis. Saya juga tidak pernah berharap blog saya banyak dibaca orang atau menjadi terkenal–walaupun selalu senang mendapatkan komentar, bahkan dari teman-teman dekat saya. Saya menulis karena saya senang menulis, tulisan ini bisa menjadi arsip atau buku diary yang suatu saat bisa saya baca dan baca lagi. Saya menulis tentang apa yang ada di dalam kepala, apa yang saya rasakan dalam hati, dan semuanya demi kepuasan pribadi. Yang saya harapkan hanya.. saya bisa lebih konsisten dalam menulis 🙂

4 thoughts on “About Blogging

  1. Baru kali ini baca2 blogmu dan udah menamatkan baca beberapa arsip postingan, khususnya tentang jalan2. Hehe… Tetep nulis terus ya, mbak. ^^ mudah2an ini nggak lebay, tp aku suka baca tulisan2 mbak. 🙂

  2. Hari ini menemukan blog yang bagus..hampir membaca semua postingannya mbk dan paling tertarik di postingan ini, karena hal ini aku alami sekarang yang juga berharap agar lebih konsisten untuk menulis di blog.hehe

Leave a Reply

