So Sad..


Pagi itu saya baru saja sampai di kantor. Kesiangan, karena macet luar biasa di perjalanan dari rumah ke kantor. Sahabat saya, Lipsy menelepon. Dia berkata bahwa ayah dari salah seorang teman kita, meninggal. Teman saya ini termasuk dalam Mellon. Dulu saya dan Lipsy juga beberapa teman yang lain pernah menginap di rumahnya. Beberapa kali bertegur sapa dengan Ayah teman saya itu. Sikapnya yang ramah, membuat kita merasa seperti di rumah sendiri. Memang saya sudah pernah mendengar kabar bahwa beberapa kali kesehatannya menurun. Saya dan Lipsy pun membuat janji untuk bertemu agar bisa melayat seusai jam kantor nanti.

Malamnya, ketika saya, pacar, dan Lipsy, tiba di rumah teman saya. Ada pemandangan yang sudah lama sekali tidak saya lihat. Enam Mellon hadir dan lengkap. Salah seorang Mellon menegur saya dan Lipsy, “Kenapa, yah, kita justru bertemu di saat sedih seperti ini?” Ya, kenapa? Saya dan Lipsy selalu menjadi orang yang mengajak, tapi ajakan kami sepertinya tidak ditanggapi. Kini, ketika kita akhirnya bertemu dalam keadaan berduka, rasanya sungguh ironis.

Ketika masuk ke dalam rumah dan bertemu dengan keluarga teman saya, sang Ibu berkata, “Kalian juga anak-anaknya Om, doa kalian pasti didengar.” Saya jadi terharu mendengarnya. Saya berkata, “Pasti saya doakan, tante.” Saya memeluk teman saya dan rasa sedih yang pernah saya rasakan 7 tahun yang lalu muncul lagi. Setelah mengucapkan bela sungkawa ke keluarga yang lain, saya dan Lipsy keluar untuk bertemu teman-teman kampus kami yang sedang duduk-duduk di luar. Kami mengobrol seperti biasa, seperti melepas rasa kangen karena sudah lama tidak bertemu. Saat itu saya menyadari, bahwa walaupun saya tidak dapat bertemu Mellon dalam keadaan bahagia, setidaknya saya tidak membalikkan punggung saya ketika ada di antara mereka yang mengalami kesedihan.

Leave a Reply

